Sabtu, 13 Oktober 2012

Raspberry Pi Sebagai Multimedia Player Dengan OpenELEC

      Halooo semua para pembaca setia blog ini, maaf kalo kontennya jarang update karena kesibukan Pekerjaan & JKT48 yang padat.Sesuai dengan Judul dari pada tulisan ini kita akan ngebahas tentang Raspberry Pi. Mungkin diantara temen-temen dah pernah googling atau denger-denger hingar bingar tentang Raspberry Pi, lalu pengen ikutan coba juga tapi bingung belinya gimana? secara barang/devicenya harus diimport? nah kalo coba googling mungkin sekarang udah banyak jasa yang menawarkan pembelian Raspberry Pi.
     Saya memesan Raspberry Pi itu berawal saat membuka group facebook arduino indonesia ada yang menawarkan jasa pembelian Raspberry Pi, karena bisa dilakukan pembayaran setengah lalu saya mencoba untuk memesan. Seller tersebut ialah Ngooprek.com  dengan Owner Pak Viek P Pratama. Butuh waktu 1 bulan sampai ke Indonesia, sampai tiba di hari H saya melunasi sisa pembayaran 2 hari kemudian barangpun sampai dirumah. 
      Kembali ke benang merah, maksud dari tulisan ini pengalaman pribadi saya yang cuma punya TV Cembung Cina Punya dirumah :) pengen diubah jadi SmartTV yang bisa multimedia tanpa ribet pake DVDPlayer ataupun Kepingan DVD jadi saya pake Raspberry Pi yang digunakan sebagai Multimedia Player.
     Wah gimana nich temen-temen? Penasaran gimana cara membuatnya? Yuk Kita Ikutin tahap-tahapan berikut ini:
  1. Siapin Dulu Hardware atau Alat-alat pendukung Raspberry Pi
  2. Beberapa Alat pendukung Raspberry Pi
  3. OS base On Linux, saya menggunakan Backtrack 5 R3 mungkin di Ubuntu juga berjalan dengan baik.
  4. Backtrack 5 R3 - 32 bit
  5. Lalu lanjut dengan mendownload OpenELEC nya disini. pada saat tulisan ini dibuat saya menggunakan source OpenELEC-RPi.arm-devel-20121004053130-r12039.tar.bz2. Setelah di download dilanjutkan dengan meng-extract.
  6. Extract File OpenElec
  7. Temukan SD Card Device.
  8. Pasang SD Card, lalu ketikan perintah dmesg | tail seperti pada gambar
  9. Installasi.
  10. Installasi

    Interface Installasi OpenELEC

    Cek apakah sudah di umount SD Card yang terpasang,
    lalu lepaskan SD Card dan padang pada Raspberry Pi
  11. Mainkan.
  12. Raspberry Pi yang sudah terhubung dengan beberapa device

    Tampilan OpenELEC di TV cembung
      Demikian tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat.

Referensi:
  1. http://www.raspberrypi.org/
  2. http://wiki.openelec.tv/index.php?title=Installing_OpenELEC_on_Raspberry_Pi
Notes:
Pada saat tulisan ini dibuat sambil dengerin tembang-tembang lagu dari JKT48 dan AKB48, dengan Raspberry Pi + openELEC ini lumayan bisa nonton AKBINGO di TV cembung serasa punya TV Cable / TV Satelite