Kamis, 05 Juli 2012

Mengetahui QOS (Quality Of Service) Modem Sierra C308 di Machintosh OSX


   Halu semua, maaf yak blog updatenya jarang-jarang.Pada tulisan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana melihat QOS Modem Sierra C308 di Mac, alasan kenapa saya membahas ini karena pada salah satu postingan dikaskus[1], menjelaskan bahwa aplikasi "AirWatcher" (aplikasi resmi dari SierraWireless) yang berjalan di mesin Mac Tidak Dapat Menampilkan Menu "Advance" yang notabene memiliki fitur menampilkan informasi QOS, lalu dipostingan lainnya[2] ada pula menjelaskan bagaimana melihat QOS dengan AT Command namun harus menggunakan program tertentu yang sudah diperuntukan oleh TS(red: Thread Setter)nya.Membaca di Reply Posting aplikasi tersebut kadang terdeteksi sebagai virus, Okay ini suatu tantangan tersendiri buat saya untuk meresolve problem ini,tanpa harus mendownload program apapun untuk mengetahui QOS, kita akan gunakan aplikasi bawaan Mac Osx, Bagaimana aman bukan?.
   Okay kita mulai, kembali kepada AT Command itu sendiri ialah perintah yang sudah terstandarisasi untuk komunikasi antara komputer dengan modem[3] yang sudah didefinisikan[4] namun perintah tersebut juga mendapat beberapa tambahan untuk beberapa fitur tertentu tergantung dari pada Vendor yang memproduksi alat tersebut. Mungkin didalam pikiran pembaca yang budiman bertanya-tanya, "Lantas bagaimana melakukan komunikasi antara Komputer(red: dalam hal ini machintosh Osx) dan Modem untuk selanjutnya Melakukan AT Command?",Baiklah mari kita ikuti tahapan-tahapan yang sudah saya persiapkan:


1. Yang pertama kita lakukan ialah melakukan koneksi dengan jaringan internet pada modem.

2. Mencari port (red: pintu) yang menghubungkan komputer dengan modem

Dapat terlihat ada 4 port yang menghubungkan antara modem Sierra dengan Komputer, lantas port yang mana yang memiliki layanan AT command? Mungkin didalam pikiran pembaca, "cobain ajah satu-satu..." itu benar, tapi disini saya akan "break down" port mana yang tepat.


3. Caranya ialah mengetahui I/O (red: Input Output) yang teregister dengan mesin (red: Mac Osx) menggunakan perintah "ioreg", apa sich ioreg?"ioreg displays the I/O Kit registry.  It shows the heirarchical registry structure as an inverted tree." untuk lebih lengkapnya silahkan baca Manualnya (man ioreg pada terminal). karena kita mencari device modem, maka kita dapat tambahkan filter "IOModem".




4. Pada Gambar Point 3 diketahui classnya ialah IOModemSerialStreamSync, okay kita 'gali' lebih dalam lagi informasi dengan menambahkan filter class IOModemSerialStreamSync seperti gambar berikut ini:

5. Scroll keatas hingga kita menemukan "SierraAT".


Digambar tersebut tampak jelas IOTTYBaseName = "sierra" dengan IOTTYSuffix = "03", berarti port yang memiliki layanan AT Command ialah port nomor 3.

6. Untuk memastikannya kita coba melakukan koneksi ke port tersebut dengan perintah "screen /dev/tty.sierra03" , apaan sich screen? silahkan baca manualnya (man screen) :).


7. Apabilah sudah terhubung, kita coba perintah "AT" pada screen apabila responsenya "OK" port tersebut memiliki layanan AT Command, benar adanya.

Selanjutnya kita coba cek QOS ada diprofile nomor berapa dengan perintah, "AT+CGEQNEG=?"[7] . tampak pada gambar respon yang diterima "+CGEQNEG: (1)" angka 1 merupakan profile number yang aktif, selanjutnya untuk mendapatkan informasi tentang QOS menggunakan perintah "AT+CGEQNEG=1" angka satu disini merupakan hasil dari pada perintah sebelumnya untuk mengetahui nomor profile. Dari hasil yang didapat tampak ada angka "384,384" yang merupakan Upload Bitrate (UL) dan Download Bitrate (DL) dan angka 1 pada awal merupakan CID, untuk lebih jelasnya bisa dibaca manual guidenya[7]. Hehehe ketawan gw yak Fakir Bandwidht, demikian tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat.