Sabtu, 07 Oktober 2023

Wake Up PS5 remotely from Anywhere (Off Mode)

  Halo jumpa lagi pembaca yang budiman dalam tulisan yang dibuat penulis, sudah lama penulis tidak menulis di blog ini, terakhir ditahun 2017 hingga melewati pandemi hingga tulisan ini menjadi penutup di Blogspot ini Sebelum pindah ke medium, namun pembaca yang budiman tak perlu khawatir blogspot ini akan tetap ada namun akan berpindah domain menjadi arsip.khoirudin.com dan budi.khoirudin.com akan menjadi tulisan saya di medium.

   Artikel ini dibuat berawal ketika penulis saat berada dikantor bermain PS 5 secara remote play namun PS 5 di rumah dalam keadaan Off Mode bukan Rest Mode, nah penulis teringat ketika mengaktifkan PS 5 yang Off Mode cukup menekan tombol PS yang ada ditengah stick, dari hal tersebut membuat penulis berpikir untuk mereplikasi cara kerja hal tersebut untuk mengaktifkan PS 5 yang Off Mode secara Online Remote. Semoga artikel ini dapat menambah khazanah keilmuan pembaca yang budiman.

   Pertama kita cari tau dulu gimana Stick PS terhubung ke PS , setelah mencari di ketahui bahwa Stick PS terhubung ke PS via bluetooth, referensinya bisa di liat disini . penulis teringat ketika masa-masa Kuliah suka iseng bermain bluetooth hacking ke hp-hp temen, sehingga penulis memiliki ide untuk menggunakan teknik bluetooth spoofing agar seolah-olah bluetooth yang terhubung tersebut ialah sebuah stick untuk mengaktifkan PS 5.

Stick PS 5 yang terhubung via kabel USB


  Namun bagaimana caranya mendapatkan alamat bluetooth sebuah stick PS yang terhubung ke PS, nah di github sudah ada orang yang membuat tools tersebut yaitu pywakepsXonbt dengan tools tersebut penulis sudah menemukan alamat bluetooth dari device stick (dsbt_address) dan device ps5 (psXbt_address).

pywakepsXonbt

   Selanjutnya penulis menggunakan Raspberry PI 2 sebagai server yang akan di remote penulis untuk mentrigger bluetooth untuk menghidupkan PS 5. Ada beberapa tools di internet yang biasa digunakan untuk melakukan bluetooth spoofing yang akan di install di server Raspberry PI 2, seperti spooftooph, bdaddr . penulis akan menggunakan bdaddr sebagai tools untuk melakukan spoofing, perlu di ketahui oleh pembaca yang budiman bahwa tidak semua chipset bluetooth di support oleh bdaddr jadi pembaca yang budiman perlu membaca kembali repository dari tools tersebut. pembaca yang budiman bisa mengcopy aplikasi bdaddr yang sudah di compile ke /usr/local/bin/ agar flexible dalam pemanggilannnya.

Raspberry PI 2 + Bluetooth Dongle
   Setelah menginstall tersebut didalam server Raspberry PI 2 serta memasang bluetooth dongle yang chipset nya di support oleh bdaddr, lalu menggubah alamat bluetooth dongle menjadi alamat device stick PS (Bluetooth Spoofing) menggunakan command sebagai berikut :

karena menggunakan chipset  CSR ada tambahan parameter -t (temporary change)

   Kita aktifkan PS5 dari Server Raspberry PI 2 yang sudah di spoof bluetoothnya. menggunakan command berikut ini :

 hcitool -i hci0 cc <alamat ps 5>

   Command tersebut kita sederhakan menjadi script bash berikut ini :

#!/bin/bash

bdaddr -i hci0 -t -r <alamat stick ps>
hciconfig hci0 reset
systemctl restart bluetooth.service
hcitool -i hci0 cc <alamat ps 5>

   Ok sudah semua, eh kayak ada yang kurang. bagaimana remote anywherenya? umumnya banyak dari pembaca yang budiman sudah menggunakan ngrok, baik penulis akan memforward port dari service SSH, agar kita bisa online remote service SSH, pastikan ngrok sudah terinstall. agar ngrok bisa berjalan secara background proses dapat menggunakan aplikasi screen. selanjutnya untuk melakukan forward ssh ke public internal bisa menggunakan command "ngrok tcp 22", dan berikut gambar hasil konek ssh ke public domain ngrok menggunakan costum port.

ssh ke tunnel ngrok menggunakan port costum
    Demikian pembaca budiman, semoga artikel ini bermanfaat serta menambah khazanah keilmuan bagi pembaca yang budiman. artikel ini sebagai penutup di blogspot selanjutnya pembaca yang budiman dapat tetap mengikuti artikel yang penulis buat di laman medium penulis dengan alamat domain budi.khoirudin.com.

 

Wassalam.