Sabtu, 01 Agustus 2015

Celoteh Tentang Karya Anak Bangsa, Review DS Antena Buatan Indonesia

  Sudah berdebu banget nih blog, gak pernah aktif untuk waktu yang lama. Namun kali ini gw pengen sharing tentang Antena TV yang baru gw beli di tempatnya Mbah Iman , kenapa gw membelinya disana & kenapa gak pake antena biasa aja?
 okay sebelum menjawab itu semua, berawal dari belanja ke mangga dua, mungkin bisa di liat di gambar dibawah ini.



 Saat perjalanan pulang, eh terbayang kalo dirumah lom ada antena TV untuk dikamar gw dan kebetulan beberapa waktu sebelumnya mbah iman pernah sharing di facebook tentang DS Antena TV ini  , langsung kontak mbah iman apakah DS Antenanya masih ada stok, habis biasanya product yang dibuatnya cepet habis orderan ekspor kemana-mana sampe ke tanah Batam. Berikut ini kutipan yang sering dicelotehkan oleh Mbah Iman:


 Sesampainya ditempatnya mbah iman, kita biasa menyebutnya "Bengkel". Nah bengkel ini beralamat di Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 57 disebelah Bank Muamalat , mungkin disana terkenalnya "Martabak Bazinga". Tanpa perlu basa-basi panjang gw langsung minta untuk kerdusin itu antena, ternyata sudah ada yang udah dikerdusin, setelah transaksi (*serasa pelem mafia) , gw pun langsung pulang kerumah karena sudah lelah banget habis dari mangga dua yang makan waktu seharian.

 Setelah istirahat sejenak dan merapihkan barang belanjaan, langsung bongkar kerdus yang berisikan DS Antena tersebut, hmm karena DS Antena ini tidak disertakan oleh kabel & colokan yang menghubungkan TV dgn Antena jadinya gw ke Toko untuk membeli kabel beserta colokannya.


 Selanjutnya coba instalasi kabel (panjang kabel sekitar 3 meter) dengan DS Antena itu, namun ternyata tidak cocok karena colokan dari kabelnya terlalu besar, mungkin memang setelah ditanyakan kepada Mbah Iman colokannya khusus untuk kabel digital, tapi gak masalah bisa diakalin dengan menambahkan isolasi pipa pada bagian colokan kabel maupun antena, seperti gambar berikut ini.



 Tampak sekali bagian yang perlu di Isolasi untuk penambahan ketebalan, agar colokan yang berasal dari kabel bisa diputar dan terhubung dengan DS Antena tersebut. Setelah semua selesai terhubung, gw coba cari sinyal yang paling tepat untuk kamar gw, karena pemasangan antena ini dilakukan di indoor . Akhirnya tempat yang paling tepat ialah di Pull Up Bar yang berada di kusen pintu kamar, berikut gambar bagaimana gw memasangnya.


 Yeay, Alhamdulilah akhirnya selesai juga instalasinya mudahkan. Setelah dihubungkan ke TV selanjutnya gw melakukan pencarian sinyal otomatis untuk semua channel, alhasil beberapa channel ada memiliki kualitas gambar yang bagus ada juga yang tidak, hal ini dapat disebabkan karena lokasi yang sinyal TVnya kurang kuat (lokasi: bekasi perkampungan), atau mungkin pemasangan antena yang kurang tinggi, yaaa.. kusen pintu palingan cuma 2 meter dari permukaan tanah, ini kamar gw bukan tingkat yeeee...

 Namun dibalik kekurangan seperti colokan yang tidak berstandar "merakyat" tersebut, terdapat juga kelebihan yang dimiliki DS Antena ini yaitu secara otomatis menghilangkan Noise pada tampilan gambar jadi tampak lebih jernih selain itu pula pada tampilan gambar yang kurang bagus suara berisik yang tercipta dari Noise tidak begitu terdengar, lebih jelas suara yang dihasilkan oleh siaran TV tersebut, jadi walaupun gambarnya kurang jelas tetap bisa dinikmati dengan suara yang dihasilkan.

 Kesimpulannya, Dari segi harga DS Antena cukup bersaing dari antena-antena import cina, hanya perbedaan harga sedikit namun bukan berarti DS Antena ini murahan, karena ini buatan Indonesia jadi gak perlu kena Bea & Cukai untuk menaikan harga, jadi perbandingan produk import dengan karya anak bangsa ini, silahkan anda hitung sendiri. Dari segi kualitas untuk penangkapan sinyal bisa dibilang relatif ya, namun kualitas gambar & suara yang dihasilkan cukup memuaskan. Sekian tulisan blog gw, sampai jumpa lagi ditulisan berikutnya ya...