Rabu, 09 Maret 2011

Setup SSH Server di windows!

    Hello, teman" dah lama banget nich gak nulis di blog, maklum setelah lulus kuliah, kini saya disibukan dengan pekerjaan, dikantor yang baru.Sesuai dengan judul yang ada diatas, disini saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat sebuah SSH server di mesin Windows!, kali ini saya menggunakan windows server 2003!, setelah mencoba beberapa Aplikasi SSH server, seperti OpenSSH, FreeSSHD, Winsshd, dan lainnya saya memilih "Winsshd", karena dari sekian banyak aplikasi SSH Server di windows, hanya Winsshd yang sesuai dengan apa yang saya butuhkan
Dari Ototentifikasi Public Key, Tunnneling, Disable Login Ototentifikasi, dan Setup yang mudah. okay kita mulai setup SSH server yang akan berjalan di mesin windows server 2003.


  • Install aplikasi Winsshdnya dapat di download disini saya anggap para pembaca yang budiman bisa melakukan instalasi (Yes, Next, Finish). Perlu diingatkan ada 2 edisi, yang pertama standard (Expire 30 hari dan berbayar) dan personal (Tak ada Expire namun banyak batasan) tapi yang saya gunakan adalah Personal edition.
  • Nah setelah selesai menginstall, kita dihadapkan dengan "Box Control Panel" nya Winsshd, disinilah kita akan melakukan konfigurasi.Dengan menggunakan konfigurasi default kita sudah bisa melakukan koneksi kedalam SSH Server dengan mengklik "start winsshd".Secara default kita menggunakan Account yang berada didalam komputer kita, namun kita juga dapat membuat account baru didalam "tab virtual account". Untuk bagaimana membuat account baru di "virtual account" tidak saya jelaskan disini, silahkan anda coba sendiri.

  • Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana membuat dan verifikasi menggunakan public key!, hal pertama yang kita lakukan adalah membuat "Private Key" dan "Public Key" itu sendiri. Keduanya dapat menggunakan program putty-keygen, untuk tutorial bagaimana membuat kedua hal tersebut bisa liat disini

  • Masukan Nama User yang akan melakukan ototentifikasi via Public Key, selanjutnya kita import public key kedalam server, perhatikan gambar dibawah ini!

  • Selanjutnya tinggal restart SSHserver, lalu coba koneksikan kembali menggunakan aplikasi SSH client yang sudah di sisipi dengan "Private Key", dan lakukan koneksi, jika setup anda benar maka akan tampil gambar seperti dibawah ini(disini saya menggunakan user "Administrator").

Okay teman" para pembaca yang budiman, mudah bukan?, apabila ada pertanyaan silahkan PM ke YM saya. Demikianlah Tutorial singkat ini saya buat, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

wassalam

budi khoirudin