Selasa, 16 Februari 2010

Trik Mempercepat Kinerja Drupal!!

Sebelum Memulai tentang Bagaimana Trik Tersebut di lakukan, aku coba intermezzo sedikit tentang drupal!. Drupal itu seperti CMS, yang berbentuk framework, mengapa di katakan demikan karena secara default, saya menggunakan drupal 6.15 pada saat pengerjaan. Didalamnya hanya sebuah cms biasa tanpa feature, di butuhkan module untuk melengkapi kekurangan yang terdapat pada Drupal tersebut dan tak dapat dipungkiri terdapat beberapa module membutuhkan module lain agar sebuah module dapat berkerja.Sempet iLfeel...
juga setelah memasang beberapa module kinerja dari drupal berkurang atau biasa kita kenal Lemot!, saya coba mencari tau kenapa hal ini terjadi menurut beberapa issue mengatakan karena pembuatan cache itu sendiri yang menekankan pada kinerja code php ke database!, lalu bagaimana solusi nya?, Developer drupal menjawab dengan membuat 2 module yaitu boost dan css_gzip , lalu bagaimana kita memanfaatkan kedua module itu okay kita langsung ajah ke tahap - tahap pembuatan.
  •  Tahap Peletekan ke dua module tersebut ke folder "sites/all/modules"1

  • Tahap selanjutnya Menginstall kedua module tersebut ke dalam drupal!2
 
 

  • Tahap selanjutnya Menginstall kedua module tersebut ke dalam drupal!3


  • Tahap Konfigurasi Pada "Boost Setting"

  • Tahap Generate Code .htaccess


  • Tahap Peletekan Code Pada .htaccess




Demikianlah Tahapannya, Silahkan di coba!!,  Kinerja Drupal akan bertambah lebih cepat!! jika anda mengkonfigurasinya sesuai!!

Seep, sampe jumpa lagi di artikel selanjutnya......